Berbasa-Basi dengan Meminta Sesuatu Itu Sudah Basi

Pernah kamu memiliki sebuah barang yang sangat kamu sukai, kemudian datang orang meminta barang itu, meminta dengan sedikit memaksa, di depan orang-orang?

Kamu tidak sanggup menolak juga tidak ikhlas memberi. Sangat tidak menyenangkan memang.

Ini sering terjadi di masyarakat kita yang gemar berbasa-basi dengan meminta sesuatu saat bertemu atau bertamu. Apalagi budaya kita yang kerap kumpul, entah kumpul keluarga, kumpul alumni, kumpul antar komplek, ini menjadi kebiasaan yang sebenarnya tidak patut tetapi karena sudah sering terjadi lalu menjadi sebuah kewajaran.

Meskipun sebagai basa-basi atau benar-benar ingin, meminta barang orang sebaiknya dihindari. Kamu yang punya kebiasaan ini sebaiknya dihilangkan karena ini perbuatan tidak menyenangkan tanpa kamu sadari.

Kenapa, kan cuma minta saja kok bisa jadi perbuatan tidak menyenangkan??

Kamu tidak tahu seberapa lama orang itu bersabar menabung untuk bisa membeli barang itu

Kamu tidak tahu barang itu berharga karena hadiah dari orang tersayang sebagai kenang-kenangan

Kamu tidak tahu barang itu limited edition atau musiman, alias kalau pun punya rejeki lagi tidak ada produksi lagi, tidak bisa dibeli kembali

Kamu menjadikan orang yang kamu minta terlihat pelit di depan orang lain jika tidak bisa mewujudkan apa yang kamu minta

Selain itu bagi kita yang beragama Islam meminta-minta adalah sebuah perbuatan yang tidak disukai oleh Nabi dan tertuang dalam kisah dari sahabat Nabi Muhammad SAW yang bernama Qabishah bin Mukhariq Al Hilal yang pernah dalam keadaan tidak mampu lagi untuk menunaikan nafkahnya karena beratnya beban hidup. Maka, Rasulullah SAW memberinya tiga syarat.

“Hai Qabishah, sesungguhnya meminta-minta itu tidak boleh, kecuali bagi salah satu dari tiga golongan.

  • Pertama, orang yang memikul beban tanggungan yang berat di luar kemampuannya. Maka, dia boleh meminta-minta sampai sekadar cukup, lalu berhenti.
  • Kedua, orang yang tertimpa musibah yang menghabiskan seluruh hartanya. Maka, dia boleh meminta sampai dia mendapatkan sekadar kebutuhan hidupnya.
  • Ketiga, orang yang tertimpa kemiskinan sehingga tiga orang yang sehat pikirannya dari kaumnya menganggapnya benar-benar sangat miskin. Maka, dia boleh meminta sampai dia mendapatkan sekadar kebutuhan hidupnya. Sedangkan selain dari ketiga golongan tersebut hai Qabishah maka meminta-minta itu haram, hasilnya bila dimakan juga haram.” (HR Muslim)

Nah!

Jangan meminta kecuali benar-benar kesusahan ya. Jangan pula mempunyai kebiasaan berbasa-basi dengan meminta-minta.

“Wah, sepatumu bagus, saya suka sekali. Buat saya aja ya? Kamu nanti beli saja lagiii…”

Basi!

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *